Cara Live di TikTok Shop Lengkap dengan Tips Jualannya, Begini Caranya!

Putri Prima
Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.
cara live tiktok
Cara Live di TikTok Shop Lengkap dengan Tips Jualannya, Begini Caranya!

TikTok dengan cepat menjadi media sosial yang disenangi oleh banyak orang. Mulai dari mencari video lucu, rekomendasi tempat, dan berbagai tren semua bisa didapatkan di TikTok. Bahkan, aplikasi video ini juga sekarang menjadi tujuan utama seseorang ketika berbelanja.

Dengan semakin masifnya penggunaan TikTok, sebagai pebisnis apakah Anda sudah tahu cara live di TikTok Shop? Jika belum, ini kesempatan Anda untuk memulai pengalaman berjualan dengan cara yang lebih interaktif, simak penjelasannya dalam artikel ini!

Apa Itu Live TikTok Shop

Live TikTok Shop adalah fitur live streaming di aplikasi TikTok yang khusus digunakan untuk berjualan. Di sini Anda bisa bisa langsung mempromosikan dan menjual produk kepada penonton saat siaran langsung berlangsung.

Ketika live berlangsung ini, penonton bisa melihat secara langsung produk yang sedang ditampilkan, berinteraksi dengan host live stream melalui kolom komentar, dan langsung membeli barang tersebut tanpa perlu keluar dari aplikasi TikTok.

Keuntungan Live TikTok Shop Bagi Bisnis

Tahukah Anda, berdasarkan statistik 67% pengguna TikTok mengatakan bahwa live TikTok mendorong mereka untuk melakukan pembelian meskipun mereka tidak bermaksud untuk melakukannya.

Selain dapat mendorong seseorang secara impulsif membeli barang, keuntungan lainnya yang bisa didapatkan bisnis antara lain:

1. Dapat Berinteraksi Langsung dengan Konsumen

Melalui siaran langsung, bisnis dapat berinteraksi secara langsung dengan audiens. Hal ini memungkinkan komunikasi dua arah, di mana konsumen dapat bertanya tentang produk, memberikan feedback, dan mendapatkan jawaban instan dari penjual.

Interaksi ini meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen.

2. Meningkatkan Pengalaman Berbelanja

Live streaming memungkinkan bisnis untuk menunjukkan produk secara real-time. Penjual bisa memperlihatkan detail produk, cara penggunaan, dan manfaatnya secara langsung.

Dengan begini konsumen mendapatkan gambaran yang lebih jelas dan menyeluruh dibandingkan hanya melihat gambar atau deskripsi produk.

3. Efisiensi Biaya Pemasaran

Menggunakan live streaming di TikTok relatif lebih murah dibandingkan metode pemasaran tradisional. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk produksi konten atau iklan berbayar.

Karena mereka dapat langsung berinteraksi dengan audiens dan mempromosikan produk secara langsung.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan melakukan live TikTok Shop, bisnis dapat menjangkau audiens yang lebih luas.

Algoritma TikTok cenderung mendorong konten live streaming ke lebih banyak pengguna, sehingga bisnis memiliki kesempatan untuk menarik perhatian calon konsumen baru yang mungkin sebelumnya tidak mengenal merek mereka.

Baca Juga: Cara Daftar Tiktok Shop, Keunggulan, dan Tips Berjualannya Agar Laris

Syarat Live di TikTok Shop

Melakukan live TikTok Shop tidak sembarangan, lho. Ada sejumlah syarat yang perlu Anda ikuti, coba perhatikan beberapa syarat berikut ini:

  • Usia akun TikTok sudah lebih dari seminggu
  • Berusia 18 tahun ke atas untuk menyiarkan live
  • Telah memiliki 1.000 followers aktif
  • Memiliki katalog produk di TikTok Shop yang siap digunakan
  • Mengikuti guideline TikTok
  • Memiliki koneksi internet dan perangkat yang memadai

Cara Live di TikTok Shop

Ada beberapa cara live di TikTok Shop yang bisa Anda coba, baik itu menggunakan HP atau juga PC/laptop.

Cara Live di TikTok Shop dengan HP

1. Buka aplikasi TikTok di HP Anda dan klik tombol (+) di bagian bawah layar.

2. Geser ke arah kanan sampai Anda melihat pilihan “Live”.

3. Anda bisa mengubah foto yang akan ditampilkan sebelum live streaming, serta mengganti judul live streaming.

4. Agar Live streaming menjangkau lebih banyak orang, pilih ikon “Promote”, dengan begini followers akan mengetahui jika Anda mengadakan live streaming.

5. Untuk dapat mengatur apakah penonton bisa memberikan komentar saat live streaming berlangsung, Anda bisa mengaturnya pada bagian “Setting”, di bagian ini Anda juga bisa mengatur durasi mute.

6. Klik ikon “Produk” yang ada di sebelah kanan untuk menambahkan produk yang akan dipromosikan saat live streaming, klik ikon “Tambahkan dari Toko”.

7. Jika semua sudah dirasa siap, klik “Mulai Siaran Langsung”.

8. Berikan penawaran yang menarik selama live streaming.

9. Pesanan akan masuk melalui Direct Message, pastikan Anda memproses semua pesanan dan mengirimnya tepat waktu.

Cara Live di TikTok dari PC dengan Live Studio

Sekarang TikTok sudah menyediakan fitur Live Studio yang bisa diakses dengan PC untuk melakukan live TikTok.

Namun, untuk menikmati fitur satu ini akun Anda haruslah sudah memiliki minimal 2000 followers.

Berikut ini cara live di TikTok dari Live Studio:

1. Unduh aplikasi Live Studio TikTok, lalu install.

2. Jika sudah terinstall, login menggunakan username TikTok.

3. Pilih Set Up Now untuk melakukan setting microphone, camera, streaming, dan scene.

4. Selanjutnya Anda bisa melakukan live stream dengan menghubungkannya ke aplikasi TikTok pada HP. Buka aplikasi TikTok, klik tanda (+) yang ada pada bagian bawah, lalu geser hingga menemukan opsi Live, lalu Live Studio.

5. Pilihlah Live Studio dan klik “Mulai Siaran Sekarang”.

Tips Jualan di TikTok Sambil Live

Tentunya saat melakukan live di TikTok Shop Anda ingin banyak yang memasukkan produk ke keranjang kuning bukan? Nah, agar keinginan Anda bisa tercapai cobalah beberapa tips berikut ini:

1. Lakukan Persiapan yang Matang

Persiapan yang bisa Anda lakukan seperti menyiapkan skrip atau poin-poin penting yang ingin disampaikan selama live. Pastikan produk yang akan ditampilkan sudah disusun dengan rapi dan mudah dijangkau.

Selan mempersiapkan skrip atau poin, pastikan juga koneksi internet stabil, kamera berkualitas baik, dan mikrofon berfungsi dengan baik. Lakukan uji coba semua peralatan sebelum mulai live.

2. Berikan Penampilan yang Menarik

Penampilan yang menarik ini bisa Anda ciptakan dari background yang bersih dan menarik. Hindari gangguan visual yang bisa mengalihkan perhatian penonton dari produk yang dijual.

Pastikan juga area live streaming memiliki pencahayaan yang baik dan produk terlihat jelas. Gunakan ring light atau sumber cahaya tambahan jika diperlukan.

3. Bangun Interaksi dengan Penonton

Sapa penonton yang baru bergabung dan ajak mereka untuk berinteraksi. Jawab pertanyaan mereka secara real-time dan minta feedback.

Tidak lupa ajak penonton untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengikuti akun, membagikan live, atau membeli produk. Gunakan CTA yang jelas dan persuasif.

4. Demonstasikan Produk

Agar semakin menarik, cobalah untuk perlihatkan produk secara close-up dan tunjukkan detailnya. Demonstrasikan cara penggunaan produk dan jelaskan manfaatnya.

5. Berikan Promo

Berikan promo atau diskon yang hanya berlaku selama sesi live. Ini bisa mendorong penonton untuk segera melakukan pembelian.

6. Gunakan Fitur TikTok

Anda bisa memanfaatkan stiker, filter, dan efek interaktif TikTok untuk membuat live streaming lebih menarik.

Tidak lupa gunakan juga fitur yang memungkinkan penonton langsung membeli produk dari live streaming. Pastikan link produk mudah diakses dan berfungsi dengan baik.

Nah, itulah cara live di TikTok Shop dan bagaimana tips agar jualan selama live bisa laris manis.

Jika Anda ingin menggunakan Live TikTok sebagai salah satu media penjualan, merekrut host live stream akan sangat berguna. Seorang host live stream mampu mendongkrak penonton dan penjualan dengan pembawaannya.

Temukan kandidat host live stream andal dengan pasang loker gratis di KitaLulus! Prosesnya cepat dan menjangkau seluruh kota di Indonesia.

Ayo temukan kandidat yang pas di KitaLulus, daftarkan perusahaan atau bisnis Anda sekarang!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top