25 Tempat Wisata Banyuwangi yang Lagi Hits & Wajib Dikunjungi

Muhammad Farih Fanani
Berpengalaman menulis artikel populer dan SEO di berbagai media online.
tempat wisata banyuwangi
25 Tempat Wisata Banyuwangi yang Lagi Hits & Wajib Dikunjungi

Banyuwangi merupakan sebuah kabupaten di ujung timur Pulau Jawa. Lokasi ini dikenal memiliki berbagai tempat wisata alam menarik yang cocok untuk healing bersama keluarga.

Jika kamu ingin memanfaatkan waktu libur kantor untuk jalan-jalan, tak ada salahnya kamu coba mengunjungi tempat wisata di Banyuwangi. Penasaran apa saja tempatnya? Yuk simak informasinya di bawah ini!

Wisata di Banyuwangi yang Lagi Hits

1. Kawah Ijen

Kawah Ijen

Tempat wisata Banyuwangi yang paling populer adalah Kawah Ijen. Kawah ini merupakan salah satu kawah tercantik di dunia. Satu hal yang menarik sehingga mampu mengundang para wisatawan dari belahan dunia untuk berkunjung adalah keberadaan blue fire atau api biru.

Untuk bisa mendapatkan pemandangan blue fire di Kawah Ijen, kamu harus mendaki selama kurang lebih 2-3 jam. Setelah itu, tepat pada pukul 5, kamu akan bisa menyaksikan langsung api berwarna biru yang hanya ada dua di dunia. Menarik, bukan?

HTM:

  • Weekday: Rp100.000 (wisatawan asing) & Rp5.000 (wisatawan lokal)
  • Weekend: Rp150.000 (wisatawan asing) & Rp7.500 (wisatawan lokal)

Jam Buka: 24 Jam

Alamat: Ijen, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

2. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah

Selanjutnya adalah Pantai Pulau Merah. Wisatawan bisa melihat langsung pulau kecil yang berbentuk seperti sebuah bukit berada di tengah laut. Seperti namanya, pantai ini memiliki tanah berwarna merah dan ditutupi dengan vegetasi hijau.

HTM: Rp10.000

Jam Buka: 06.00 – 18.00 WIB

Alamat: Jl. Pulau Merah, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur

3. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran juga termasuk tempat wisata Banyuwangi yang lagi hits. Lokasi ini berbentuk seperti padang savana yang sangat luas.

Di sini, kamu bisa melihat berbagai macam satwa yang masih hidup secara alami. Beberapa di antaranya adalah banteng, rusa, ular, kerbau, monyet ekor panjang, dan lain sebagainya. Taman ini dikenal sebagai Little Africa van Java.

HTM: 

  • Senin-Sabtu: Rp150.000 (WNA), Rp5.000 (WNI)
  • Minggu dan libur nasional: Rp225.000 (WNA), Rp7.500 (WNI)

Jam Buka: 07.30-16.00 WIB

Alamat: Jl. Raya Banyuwangi – Situbondo Km. 35 Wonorejo, Banyuputih – Situbondo, Jawa Timur

4. Pantai Watu Dodol

Pantai Watu Dodol

Pantai ini memiliki ciri khas yang unik jika dibandingkan dengan pantai lain di Banyuwangi. Pantai Watu Dodol tidak berpasir dan hanya dipenuhi bebatuan koral dan karang. Pengunjung bisa menikmati keindahan pantai yang masih alami dengan cara bersantai menikmati hidangan yang dijual di warung-warung.

HTM: Gratis

Jam Buka: 24 Jam

Alamat: Jl. Raya Banyuwangi Situbondo, Parasputih, Bangsring, Kec. Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

5. Desa Wisata Osing Kemiren

Desa Wisata Osing Kemiren

Jika kamu suka dengan destinasi wisata yang berbau budaya, maka Desa Wisata Osing Kemiren sangat cocok untuk kamu. Desa ini dihuni oleh masyarakat yang masih menjunjung tinggi kebudayaan dari generasi ke generasi. Kamu bisa menyaksikan pertunjukan dari petani yang memainkan alunan angklung dan gendang. 

HTM: Gratis

Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB

Alamat: Dusun Krajan, Kemiren, Glagah, Banyuwangi

Baca Juga: 30 Tempat Wisata di Malang Hits yang Wajib Dikunjungi

6. Pantai Boom Marina

Pantai Boom Marina

Selanjutnya, kamu juga bisa mendatangi Pantai Boom Marina. Tempat ini memiliki keindahan danau yang dapat memanjakan mata. Selain itu, kamu juga bisa mencoba berbagai hidangan ikan dari tangkapan nelayan setempat secara langsung, lho!

HTM: Rp5.000

Jam Buka: 06.00 – 18.00 WIB

Alamat: Kampung Mandar, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

7. Taman Blambangan

Taman Blambangan

Taman Blambangan adalah sebuah taman yang terletak di tengah kota Banyuwangi. Taman ini memiliki berbagai fasilitas seperti jalur jogging, lapangan basket, dan arena skateboard. Maka dari itu, jika kamu membutuhkan hiburan yang terletak di tengah kota, maka taman ini adalah solusinya.

HTM: Gratis

Jam Buka: 24 Jam

Alamat: Sumberrejo, Banyuwangi, Jawa Timur

8. Jawatan Benculuk

 Jawatan Benculuk

Jawatan Benculuk merupakan tempat wisata Banyuwangi yang lagi hits. Banyak orang rela datang dari tempat yang jauh untuk datang ke sini. Kamu akan disuguhkan dengan keindahan alam yang mirip dengan yang ada di film Lord of The Rings dengan pepohonan yang menjulang tinggi dan asri.

HTM: Rp10.000

Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB

Alamat: Purwosari, Benculuk, Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur

9. Pantai Sukamade

Pantai Sukamade

Jika kamu adalah pecinta binatang laut, maka destinasi satu ini adalah tempat terbaik untuk kamu kunjungi. Pantai Sukamade dikenal sebagai pusat konservasi penyu dan masih masuk dalam wilayah Taman Nasional Meru Betiri.

HTM: Rp27.500

Jam Buka: 24 jam

Alamat: Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur

10. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung

Bagi kamu yang gemar berselancar di laut, maka cobalah berkunjung ke Pantai Plengkung. Pasalnya, ombak di pantai ini bisa mencapai 8 meter dan dinobatkan sebagai spot surfing terbaik di Asia Tenggara. Sesuai namanya, pantai ini memiliki bentuk yang melengkung. Pantai Plengkung juga biasa disebut sebagai G-Land.

HTM: Rp15.000

Jam Buka: 06.00 – 18.00 WIB

Alamat: Kalipait, Tegaldlimo, Banyuwangi, Jawa Timur

Baca Juga: 30 Tempat Wisata Bali Terfavorit yang Cocok Buat Liburan

11. Air Terjun Jagir

Air Terjun Jagir

Selanjutnya, tempat wisata Banyuwangi yang wajib kamu kunjungi adalah Air Terjun Jagir. Tempat ini memiliki keindahan alam yang sangat menarik karena terdapat 3 air terjun yang berada di satu tempat. Nama lain dari tempat ini adalah air terjun kembar.

HTM: Rp5.000

Jam Buka: 07.00 – 17.00 WIB

Alamat: Kampung Anyar, Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur

12. Pantai Mustika

Pantai Mustika

Pantai Mustika adalah pantai di Banyuwangi yang tak kalah indah. Pantai ini memiliki keunikan yaitu hamparan golden sands atau pasir emas yang cukup luas. Selain itu, pantai tersebut juga mempunyai bentuk bibir pantai seperti setengah lingkaran.

HTM: Rp5.000

Jam Buka: 06.00 – 18.00 WIB

Alamat: Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur

13. Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau

Masih seputar pantai. Banyuwangi juga punya pantai indah yang bernama Pantai Teluk Hijau. Pantai ini dikenal dengan nama Green Bay dan memiliki pasir putih yang sangat indah. Selain itu, Pantai Teluk Hijau juga mempunyai pemandangan indah berupa air terjun yang dikelilingi batu karang.

HTM: Rp7.500

Jam Buka: 07.00 – 18.00 WIB

Alamat: Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur

14. Pantai Rajegwesi

Pantai Rajegwesi

Banyuwangi memang kaya akan destinasi wisata alam, salah satunya Pantai Rajegwesi. Pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang sehingga wisatawan bisa berenang dengan aman. Selain itu, kamu dapat melihat pemandangan perbukitan yang indah. Banyak juga para nelayan yang masih mencari ikan di sekitar pantai ini.

HTM: Rp10.000

Jam Buka: 06.00 – 18.00 WIB

Alamat: Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur

15. Air Terjun Lider

Air Terjun Lider

Nuansa alam yang sejuk dan asri menjadi daya tarik dari air terjun ini. Air Terjun Lider berada di kawasan lereng gunung sehingga mempunyai pemandangan yang indah. Bahkan, jika kamu beruntung, kamu akan bisa melihat pelangi di sana.

HTM: Rp5.000

Jam Buka: 07.00 – 17.00 WIB

Alamat: Sumber Arum, Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur

Baca Juga: 25 Tempat Wisata di Jogja yang Lagi Hits Selain Malioboro

16. Pantai Cemara

Pantai Cemara

Pantai Cemara sangat cocok dikunjungi buat kamu yang pengen healing sejenak dari hiruk pikuk kota. Sesuai namanya, di pantai ini berjejer pohon cemara yang rapi. Terdapat lebih dari 16.000 pohon cemara yang menunjang kecantikan pantai ini.

HTM: Rp3.000

Jam Buka: 06.00 – 18.00 WIB

Alamat: Pakis, Banyuwangi, Jawa Timur

17. Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo

Selain Baluran, Banyuwangi juga memiliki taman nasional lain yaitu Alas Purwo. Objek wisata ini bahkan disebut sebagai hutan paling alami di benua Asia. Pasalnya, masih banyak satwa yang hidup secara liar dan goa-goa yang keberadaannya tersembunyi.

HTM: Rp150.000 (Wisatawan Asing), Rp15.000 (Wisatawan Lokal)

Jam Buka: 07.00 – 16.00 WIB

Alamat: Alas Purwo, Tegaldlimo, Banyuwangi, Jawa Timur

18. Pantai Grajagan

Pantai Grajagan

Pantai Grajagan menjadi tempat wisata Banyuwangi yang sedang hits. Masyarakat biasa menjadikan tempat ini untuk menyelenggarakan festival-festival. Saat berada di sana, kamu juga bisa menikmati fasilitas seperti kapal kecil yang boleh untuk disewa.

HTM: Rp10.000

Jam Buka: 06.00 – 18.00 WIB

Alamat: Grajagan, Purwoharjo, Banyuwangi, Jawa Timur

19. Pantai Pancur

pantai pancur

Selanjutnya, Pantai Pancur juga memiliki keindahan alam yang memukau. Meski ombaknya cukup besar, pantai yang terletak di selatan Banyuwangi ini mempunyai pemandangan alam yang sangat indah. Di sini, kamu bisa melihat pemandangan sekaligus menyantap makanan yang dijual di sekitar pantai.

HTM: Rp5.000

Jam Buka: 06.00 – 18.00 WIB

Alamat: Alas Purwo, Tegaldlimo, Banyuwangi, Jawa Timur

20. Pantai Bangsring

Pantai Bangsring

Ingin mencoba kegiatan yang seru seperti snorkeling? Pantai Bangsring adalah destinasi yang pas kamu kunjungi. Yup, di sini kamu dapat melihat aneka jenis flora dan fauna yang ada di laut. Selain itu, kamu juga bisa menikmati wahana seperti banana boat atau kano.

HTM: Rp5.000

Jam Buka: 06.00 – 18.00 WIB

Alamat: Bangsring, Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur

Baca Juga: 20 Tempat Wisata di Semarang Terbaru, Hits & Wajib Dikunjungi

21. Kampung Bunga

Kampung Bunga

Selain pantai dan wisata air terjun yang ada di Banyuwangi, kamu juga dapat mengunjungi Kampung Bunga. Kampung Bunga memiliki berbagai macam spot foto yang menarik. Bagi kamu pecinta bunga pasti akan senang jalan-jalan sini.

HTM: Rp10.000

Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB

Alamat: Kertosari, Banyuwangi, Jawa Timur

22. Waduk Bajulmati

Waduk Bajulmati

Waduk Bajulmati berada di perbatasan Banyuwangi dan Situbondo. Tempat ini terletak di antara gunung Baluran dan Pegunungan Ijen. Waduk Bajulmati dibangung bertujuan untuk membendung air dari Sungai Bajulmati. Kamu bisa melihat keindahan alam di tempat ini sekaligus mengabadaikan momen.

HTM: Rp10.000

Jam Buka: 07.00 – 17.00 WIB

Alamat: Watukebo, Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur

23. Bukit Mondoleko

Bukit Mondoleko

Bukit Mondoleko adalah sebuah tempat wisata di Banyuwangi yang menawarkan keindahan alam berupa perbukitan hijau. Dari atas bukit ini, kamu bisa melihat langsung hamparan hijau dari daratan dan sekaligus air laut yang biru.

HTM: Rp5.000

Jam Buka: 06.00 – 18.00 WIB

Alamat: Sragi, Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur

24. Puncak Asmoro

Puncak Asmoro

Puncak Asmoro adalah tempat wisata yang lagi hits di Banyuwangi. Salah satu keunggulan tempat ini adalah kamu dapat melihat 3 gunung secara langsung yaitu Gunung Merapi, Gunung Meranti, dan Gunung Raung.

HTM: Rp10.000

Jam Buka: 06.00 – 18.00 WIB

Alamat: Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur

25. Agrowisata Tamansuruh

Agrowisata Tamansuruh

Terakhir, rekomendasi tempat wisata di Banyuwangi yang populer adalah Agrowisata Tamansuruh. Tempat ini sering dijadikan sebagai tempat menyelenggarakan berbagai event menarik. Agrowisata Tamansuruh terletak di lereng Gunung Ijen sehingga udaranya terasa sangat sejuk.

HTM: Rp10.000

Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB

Alamat: Tamansuruh, Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur

Baca Juga: 30 Tempat Wisata di Bandung yang Lagi Hits dan Terfavorit

Demikian berbagai tempat wisata menarik yang wajib kamu kunjungi ketika pergi ke Banyuwangi. Banyuwangi memang memiliki banyak destinasi wisata yang cocok untuk healing sendiri maupun bersama keluarga. Tunggu apalagi? Segera agendakan waktumu untuk mengunjungi tempat wisata di atas!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top