7 Aplikasi Lowongan Kerja Terbaik dan Terpercaya untuk Jobseeker

Redaksi KitaLulus
Redaksi KitaLulus merupakan content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.
aplikasi lowongan kerja terbaik
7 Aplikasi Lowongan Kerja Terbaik dan Terpercaya untuk Jobseeker

Di era modern, cara orang untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan sudah mulai berkembang. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi lowongan kerja. Ketika dulu kamu harus mengirim surat lamaran dan berkas lainnya langsung ke kantor, kini kamu hanya perlu mengakses sebuah aplikasi di smartphone.

Akan tetapi, semakin mudah akses yang diperoleh, justru biasanya banyak oknum yang menggunakan hal tersebut untuk menipu. Bahkan tidak sedikit job seeker yang mengalami kerugian karena penipuan perusahaan bodong.

Kamu tidak perlu khawatir kok, kasus penipuan tersebut bisa kamu hindari dengan memilih aplikasi yang terpercaya. Nah, kali ini KitaLulus akan memberikan rekomendasi beberapa aplikasi tersebut.

Keuntungan Memakai Aplikasi Lowongan Kerja

Perkembangan teknologi tentu saja mempermudah banyak hal, salah satunya semakin banyaknya aplikasi lowongan kerja. Adanya aplikasi ini sama-sama menguntungkan, baik bagi pelamar maupun perusahaan. Berikut beberapa keuntungannya.

1. Bagi Pelamar

Kemudahan melamar kerja sangat dirasakan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Perkembangan mengirim lamaran kerja dari harus mengirim langsung ke kantor perusahaan lalu lebih mudah dengan menggunakan email, kini hanya dalam sekali klik menggunakan aplikasi.

Selain itu, berikut daftar keuntungan yang bisa kamu rasakan dengan menggunakan aplikasi tersebut.

  • Mudah mencari posisi sesuai keinginan kamu
  • Mudah menelusuri progress lowongan yang di-apply
  • Mudah untuk melakukan follow up dengan pihak HRD perusahaan
  • Menghemat biaya
  • Mudah menelusuri daftar riwayat lowongan yang sudah di-apply

2. Bagi Perusahaan

Salah satu keuntungan adanya aplikasi lowongan kerja bagi perusahaan adalah luasnya database yang bisa menampung lamaran yang masuk. Jadi, HRD akan lebih mudah untuk melakukan tracking.

Lebih detail tentang keuntungan memakai aplikasi lowongan kerja bagi perusahaan adalah sebagai berikut:

  • Menghemat ruang dan biaya rekrutmen
  • Mudah untuk melakukan traksi dan filter pelamar
  • Proses rekrutmen lebih efektif
  • Mudah melakukan update lamaran

Baca juga: Kenali 9 Ciri Lowongan Kerja Palsu dan Cara Menghindarinya

Daftar Aplikasi Lowongan Kerja Terbaik

1. KitaLulus

Aplikasi lowongan kerja terbaik yang pertama adalah KitaLulus. Setiap perusahaan yang memasang loker di KitaLulus telah melalui verifikasi ketat untuk mencegah adanya perusahaan bodong yang melakukan penipuan pada pencari kerja.

Dalam aplikasi ini, ada ribuan lowongan kerja setiap harinya yang bisa kamu lamar. Jenis lowongan yang tersedia pun beragam, seperti magang, freelance, part time, full time, dan remote. Untuk saat ini KitaLulus belum sampai mencakup wilayah Indonesia Timur, seperti NTT dan Papua.

Selain informasi lowongan kerja dari berbagai perusahaan di Indonesia, aplikasi KitaLulus juga memiliki fitur lainnya, yaitu Komunitas, di mana kamu bisa bergabung dengan komunitas sesuai bidang keinginanmu, fitur buat CV online, dan tes psikotes kerja.

Untuk mengetahui tata cara melamar kerja di KitaLulus, kamu bisa mengakses informasinya di sini.

2. LinkedIn

LinkedIn tidak hanya hadir sebagai aplikasi lowongan pekerjaan, tetapi juga sebagai media sosial profesional. Di sana banyak berkumpul orang-orang profesional yang akan membagikan pengalaman kerja hingga informasi penting tentang banyak hal.

Profil yang kamu bangun di LinkedIn bisa menjadi daya tarik untuk para HRD. Sebab, biasanya HRD akan mencari kandidat secara mandiri dengan mengecek profil akun LinkedIn yang sesuai kriteria kebutuhan posisi saat itu.

Kekurangan aplikasi ini adalah pengguna harus membayar untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap. Selain itu, masih ada beberapa lowongan fiktif yang beredar di aplikasi tersebut.

3. Jobstreet

Kamu tentu sudah pernah mendengar aplikasi lowongan kerja bernama JobStreet, kan? Aplikasi yang sudah ada sejak 1997 ini memiliki ratusan ribu info lowongan kerja tidak hanya dari Indonesia, tetapi juga Malaysia, Vietnam, Filipina, hingga Singapura.

Dengan Jobstreet, kamu bisa mencari kerja dengan mudah karena aplikasi ini tersedia dalam bahasa Indonesia. Namun, penyaringan lokasi kerjanya belum spesifik sesuai kota dan beberapa user masih menemukan banyak perusahaan scam di aplikasi ini.

Baca Juga: 20 Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya untuk Hasilkan Cuan

4. Indeed

Indeed adalah aplikasi yang cocok jika kamu serius ingin memulai karier di luar negeri. Yup, aplikasi ini menyediakan beragam info loker dari 60 negara di dunia. Jenis pekerjaannya beragam, mulai dari magang, freelance, hingga full-time.

Pencari kerja dapat mengunggah CV serta melihat berapa banyak perusahaan yang mengunjungi profilnya. 

Kekurangan Indeed adalah masih terdapat iklan yang mungkin akan mengganggu pengguna ketika sedang menggunakan aplikasi tersebut.

5. Kalibrr

Aplikasi Kalibrr pertama kali muncul tahun 2017. Melalui Kalibrr kamu bisa membuat CV secara online hingga nanti kamu bisa mendapatkan rekomendasi pekerjaan berdasarkan kemampuan, minat, dan pengalaman.

Hingga saat ini ada 500.000 lebih orang yang menggunakan aplikasi ini untuk mencari kerja. Beberapa perusahaan di Indonesia juga memanfaatkan Kalibrr untuk melakukan rekrutmen pegawai mereka.

Kelebihan aplikasi ini adalah banyak loker dari Filipina. Sedangkan kekurangannya, beberapa pengguna masih mengeluhkan kurang maksimalnya aplikasi karena sering force close. Selain itu, pengguna yang akan mendaftar beberapa kali mengalami masalah kode OTP yang tidak masuk.

6. Fiverr

Fiverr adalah aplikasi lowongan kerja berbasis marketplace yang dibuat untuk para freelancer dan pemilik bisnis yang butuh jasa freelancer. Banyak pekerjaan di bidang kreatif yang tersedia di sini, seperti desainer grafis, penulis, programmer, dan masih banyak lagi.

Kamu juga bisa bertemu dengan klien luar negeri untuk mendapatkan pekerjaan dengan bayaran tinggi. Namun, kamu harus siap dengan potongan biaya aplikasinya. Selain itu, bayaran yang akan kamu terima juga hanya bisa ditransfer melalui PayPal.

7. Freelancer

Satu lagi aplikasi lowongan kerja yang cocok bagi para pekerja lepas yaitu Freelancer. Aplikasi ini mirip dengan Fiverr, yaitu kamu akan bertemu dengan klien yang membutuhkan jasamu.

Kamu tinggal mendaftar sebagai pencari kerja secara gratis. Kamu juga bisa mencoba menawarkan jasamu dengan harga yang kompetitif. Namun kamu harus pintar-pintar dalam memasang harga, karena banyak juga freelancer lain yang mungkin berani menawarkan harga lebih murah.

Baca juga: 10 Aplikasi Membuat CV Terbaik di HP Android dan iOS

Bagaimana? Kamu sudah mencoba salah satu aplikasi lowongan kerja di atas atau bahkan di smartphone kamu sudah menginstal ketujuh aplikasi tersebut?

Semoga berhasil meraih pekerjaan impianmu, ya!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top