Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel Berbagai Posisi

Muhammad Farih Fanani
Berpengalaman menulis artikel populer dan SEO di berbagai media online.
Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel Berbagai Posisi

Apakah saat ini kamu sedang mencari contoh surat lamaran kerja di hotel yang benar? Surat lamaran kerja di hotel berarti permohonan dari pelamar kerja kepada perekrut untuk menempati sebuah posisi yang sedang dibutuhkan pihak hotel. Hal itu mencakup staf, resepsionis, housekeeping, atau lainnya.

Melalui surat ini, perekrut akan dapat menilai profesionalitas seorang kandidat. Nah, agar tidak penasaran, langsung saja simak cara membuat surat lamaran kerja di hotel dan contohnya berikut.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Hotel

Saat melamar kerja, di manapun itu, baik di hotel, pabrik, rumah sakit, perusahaan, dan sebagainya, kamu wajib memahami struktur pembuatan surat lamaran yang baik dan benar.

Hal ini bertujuan agar lamaran kamu bisa diterima dengan baik oleh pihak instansi. Simak cara membuat surat lamaran kerja di hotel berikut ini.

1. Pahami Format Surat Lamaran Kerja

Cara yang pertama adalah kamu harus mengetahui terlebih dulu seperti apa format dan struktur surat lamaran kerja yang baik dan benar. Kamu dapat memahaminya di bawah ini:

  • Tempat dan tanggal pembuatan surat
  • Nama penerima, nama perusahaan, dan alamat perusahaan
  • Salam pembuka
  • Isi surat
  • Data diri
  • Lampiran dokumen
  • Salam penutup
  • Nama dan tanda tangan

2. Pastikan Kepada Siapa Surat Lamaran Ditujukan

Sama halnya ketika mengirim email, kepada siapa surat lamaran ditujukan juga harus kamu pastikan. Jangan sampai kamu tidak fokus sehingga menyebabkan salah ketik tujuan penerima surat yang berakibat lamaranmu tidak terkirim.

3. Tuliskan Posisi yang Dilamar

Tips selanjutnya, jika kamu ingin bekerja kerja di hotel kamu perlu menuliskan posisi yang ingin kamu lamar. Posisi tersebut perlu kamu tuliskan di bagian pembuka surat. Tujuannya agar hotel dapat mengetahui kualifikasi dan skill apa yang perlu mereka harapkan dari kamu.

Selain itu, kamu juga bisa menjelaskan dari mana kamu mendapatkan info lowongan tersebut, misalnya teman, media sosial, website, dan lainnya.

Baca Juga: 10 Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate yang Baik

4. Jelaskan Alasan Kamu Cocok untuk Direkrut

Setelah menyampaikan maksud surat lamaran dengan jelas, kamu bisa menuliskan mengapa kamu adalah kandidat yang cocok. Kamu bisa memberikan alasan misalnya karena memiliki pengalaman, skills, dan latar pendidikan yang sesuai dengan posisi yang dilamar.

Kamu tidak perlu menjelaskannya terlalu panjang, karena informasi-informasi tersebut dapat kamu cantumkan di CV. 

5. Tulis Alasan Kamu Melamar Pekerjaan Tersebut

Pada surat lamaran kerja, kamu juga boleh menjelaskan alasanmu menginginkan pekerjaan tersebut. Jelaskan alasan secara profesional, seperti ingin mengembangkan diri sekaligus berperan penting dalam kemajuan perusahaan.

Hindari menggunakan alasan yang terlalu personal, seperti ingin mendapatkan gaji tinggi, dan lain sebagainya.

6. Sampaikan dengan Antusias

Guna meningkatkan peluangmu diterima, ada baiknya kamu menunjukkan sikap antusiasme saat melamar kerja. Hal ini bisa kamu sampaikan di bagian akhir surat.

Caranya adalah dengan mengucapkan terima kasih ke perusahaan karena telah membaca surat yang kamu tulis. Lalu, tuliskan bahwa kamu sangat menantikan balasan dari perusahaan perihal tahapan rekrutmen selanjutnya.

7. Cek Isi Surat Sebelum Dikirim

Terakhir dan yang paling penting adalah lakukan pengecekan ulang sebelum mengirimkan surat lamaran kerja. Tujuannya untuk menghindari kesalahan penulisan, tata bahasa, maupun tanda baca. Pastikan seluruhnya sudah benar agar tidak mengganggu proses seleksimu, ya.

Baca juga: 15 Prospek Kerja Jurusan Pariwisata dan Gajinya

Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel

Setelah mengetahui cara membuat surat lamaran kerja di hotel, KitaLulus akan berikan beberapa contohnya untuk berbagai posisi yang bisa kamu jadikan referensi. Yuk cek juga info loker hotel terbaru di KitaLulus dibawah ini!

1. Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel Posisi Staff

2. Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel Posisi Resepsionis

3. Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel Posisi Housekeeping

4. Surat Lamaran Kerja di Hotel Posisi F&B Service

5. Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel Posisi Sales

6. Surat Lamaran Kerja Marketing Hotel

Baca Juga: Mengenal Profesi Staff Hotel, Tugas, dan Job Desk Lengkapnya

Demikian contoh surat lamaran kerja di hotel berbagai posisi dan tips membuatnya yang perlu kamu pahami. Jika kamu berminat untuk melamar kerja di hotel, maka contoh di atas bisa kamu jadikan sebagai referensi. Sekarang kamu bisa lamar ribuan jenis pekerjaan dari perusahaan ternama dengan lebih mudah di aplikasi KitaLulus. Bersama KitaLulus, gapai pekerjaan impianmu dengan lebih mudah!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top