Mengenal Profesi Dishwasher, Tugas, Skill, dan Gajinya

Muhammad Farih Fanani
Berpengalaman menulis artikel populer dan SEO di berbagai media online.
profesi dishwasher
Mengenal Profesi Dishwasher, Tugas, Skill, dan Gajinya

Dishwasher adalah salah satu staff yang dibutuhkan dalam industri F&B, utamanya restoran. Orang dengan profesi ini akan bertanggung jawab memastikan peralatan makan dan dapur dalam keadaan bersih.

Tanpa adanya mereka, proses memasak di dapur jadi terhambat. Yuk kenalan lebih lanjut tentang dishwasher di artikel berikut!

Apa Itu Pekerjaan Dishwasher?

Profesi dishwasher biasa dikenal dengan sebutan petugas cuci piring. Namun tak hanya piring, mereka juga bertanggung jawab membersihkan gelas, sendok, garpu, serta peralatan masak lainnya.

Selain itu, seorang dishwasher juga bertugas menjaga kebersihan alat-alat dapur lainnya seperti blender, oven, mesin es krim, dan sebagainya. Profesi ini termasuk sebagai posisi dibalik layar sehingga dinamakan back of the house dalam sebuah restoran.

Baca Juga: Waiter dan Waitress : Pengertian, Tanggung Jawab, dan Detail Gaji

Tugas Dishwasher

tugas dishwasher

Telah disinggung di atas bahwa jobdesk dishwasher adalah membersihkan peralatan makan serta peralatan masak. Lebih detailnya berikut rincian tugas yang biasa dilakukan:

  1. Mencuci peralatan makan dan peralatan masak.
  2. Menjaga kebersihan dapur, seperti menyapu dan mengepel lantai dapur, membersihkan meja dapur, dan memastikan area dapur selalu bersih.
  3. Membuang limbah sisa-sisa makanan dengan cara yang higienis sesuai dengan prosedur yang berlaku di tempat kerja.
  4. Menyusun peralatan yang telah dicuci untuk dikembalikan ke tempatnya masing-masing dengan rapi.
  5. Melaporkan jika terdapat kerusakan pada peralatan operasional kepada pengawas area.

Baca Juga: Kitchen Steward: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab, Gaji

Kemampuan yang Wajib Dimiliki Dishwasher

kemampuan dishwasher

Meski pekerjaan dishwasher terlihat mudah, namun kamu jangan salah sangka dulu. Untuk bisa menempati posisi ini, seseorang wajib memiliki berbagai macam skill, seperti berikut:

1. Komunikasi

Pada dasarnya, seorang dishwasher tidak hanya bekerja sendiri, melainkan juga bersama dengan tim yang ada di dapur seperti chef, sous chef, waiter, dan sebagainya. Maka dari itu, dibutuhkan keterampilan komunikasi yang baik agar pekerjaan dapat terlaksana dengan lancar.

2. Fisik yang Prima

Selanjutnya, untuk menjadi dishwasher juga memerlukan fisik yang prima. Pasalnya, pekerjaan ini akan melibatkan fisik secara terus menerus. Mulai dari mencuci, menggosok, hingga mengeringkan peralatan makanan. Selain itu, mereka juga biasanya akan lebih sering berdiri ketimbang duduk.

3. Customer Service

Meski menghabiskan waktunya untuk bekerja di dalam dapur, dishwasher wajib memiliki kemampuan customer service yang baik. Kemampuan ini diperlukan agar mereka dapat meningkatkan layanan kepada pelanggan. Salah satunya yaitu dengan menjaga kebersihan peralatan yang digunakan oleh pelanggan.

4. Profesional

Sama seperti pekerjaan pada umumnya, dishwasher wajib memiliki profesionalisme tinggi. Bekerja di dapur harus siap dengan tekanan mengingat harus serba cepat dalam menyiapkan pesanan pelanggan. Maka dari itu, dishwasher harus profesional dan bisa bekerja secara tim.

5. Teliti

Tanpa ketelitian, pekerjaan mencuci peralatan makan dan alat masak dapat menjadi kurang maksimal. Kebersihan adalah salah satu kunci penting dalam bisnis F&B, maka dari itu sudah seharusnya dishwasher berorientasi pada detail terhadap setiap pekerjaan yang dilakukannya.

Baca Juga: Ingin Menjadi Kitchen Crew? Ini Tugas, Skill, dan Nominal Gajinya

Gaji Dishwasher

Apakah kamu penasaran berapa gaji dishwasher? Gaji profesi ini di Indonesia cukup bervariasi tergantung pada lokasi, pengalaman, dan skala tempatnya bekerja. Secara umum, gaji dishwasher berkisar antara Rp2.000.000 hingga Rp4.000.000 per bulan.

Sementara itu, di luar negeri seperti Amerika, dishwasher biasanya mendapatkan gaji sekitar Rp9,6 juta per minggu dan di Australia sebesar Rp15 juta per minggu.

Demikian seluk beluk pekerjaan dishwasher yang perlu kamu ketahui. Pekerjaan ini mungkin terlihat sederhana, tapi tentu sangat penting untuk operasional restoran dan hotel.

Jika kamu sedang mencari lowongan kerja dishwasher atau lainnya, gunakan aplikasi KitaLulus. Tersedia ratusan bahkan ribuan lowongan setiap harinya yang bisa kamu lamar dengan mudah hanya melalui smartphone.

Kamu juga dapat memanfaatkan fitur filter untuk memudahkan pencarian kerja sesuai yang kamu mau. Tunggu apalagi? Yuk cari pekerjaan impianmu sekarang!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top