11 Pertanyaan Interview Staff Akuntan dan Jawabannya

Muhammad Farih Fanani
Berpengalaman menulis artikel populer dan SEO di berbagai media online.
interview staff akuntansi
11 Pertanyaan Interview Staff Akuntan dan Jawabannya

Dalam dunia kerja yang semakin kompetitif, berhasil dalam interview staff akuntansi bisa jadi kunci untuk memulai atau mengembangkan karier di bidang akuntansi. Buat kamu yang lagi cari kerja, persiapan yang matang untuk menghadapi berbagai pertanyaan dalam interview staff accounting sangatlah penting.

Artikel ini akan membahas berbagai contoh pertanyaan yang sering muncul serta strategi terbaik untuk menjawabnya, membantu kamu menonjol di antara kandidat lainnya. Tanpa perlu basa-basi lagi, langsung saja simak yuk!

Contoh Pertanyaan Interview Staff Accounting

Contoh Pertanyaan Interview Staff Accounting

Berikut beberapa contoh pertanyaan interview kerja dari HRD seputar posisi akuntansi yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Apa yang membuat kamu tertarik menjadi akuntan?

Umumnya HRD akan menanyakan apa yang membuat kamu tertarik melamar posisi akuntansi. Nah, ini bisa jadi kesempatanmu untuk menunjukkan motivasi dan ketertarikanmu pada bidang tersebut.

Jawaban: “Menjadi seorang staf akuntan adalah cita-cita saya sejak dulu. Saat masih menempuh pendidikan sekolah dan kuliah, saya suka dengan mata pelajaran matematika dan analisis data. Selain itu, saya juga merasa senang jika dapat membantu perusahaan dari sisi laporan keuangan. Jika manajemen berhasil membuat strategi yang tepat berdasarkan pada laporan yang saya buat, maka saya akan merasa sangat puas.”

2. Menurut kamu, apa tantangan terbesar seorang akuntan?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu harus memiliki pemahaman mendalam tentang profesi akuntan serta mampu menunjukkan kesadaran dan kesiapanmu dalam menghadapi tantangan tersebut. Berikut contoh jawabannya.

Jawaban: “Menurut saya tantangan terbesar menjadi seorang akuntan adalah tmenjaga ketepatan dan keakuratan data di tengah perubahan regulasi yang terus terjadi. Regulasi akuntansi dan perpajakan sering mengalami perubahan, dan seorang akuntan harus selalu mengikuti perkembangan ini agar laporan keuangan tetap sesuai dengan standar yang berlaku. Untuk mengatasi tantangan ini, saya selalu memastikan untuk terus memperbarui pengetahuan saya tentang regulasi terbaru melalui pelatihan dan seminar.”

3. Menurut kamu, apa 3 kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang akuntan?

Cara terbaik untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan melihat persyaratan yang sudah tertera pada informasi lowongan kerja perusahaan tersebut.

Jawaban: “Menurut saya, 3 skill dasar seorang akuntan adalah menganalisis data, penulisan, dan kemampuan berhitung yang kuat.”

Baca juga: Kumpulan Contoh Soal Tes Akuntansi untuk Calon Karyawan

4. Jelaskan apa proses akuntansi yang biasa kamu lakukan sebelumnya?

Pertanyaan interview staff accounting berikutnya bertujuan untuk mengetahui pengalaman kamu sebelumnya. Di sini, kamu bisa jelaskan secara rinci dan terstruktur, misalnya mulai dari pencatatan transaksi hingga penyusunan laporan keuangan. Lalu sebutkan peran kamu secara spesifik.

Jawaban: “Pada posisi saya sebelumnya sebagai staf akuntansi di perusahaan XYZ, saya terlibat dalam seluruh proses akuntansi mulai dari pencatatan transaksi hingga penyusunan laporan keuangan bulanan. Proses yang biasa saya lakukan meliputi beberapa langkah utama, yaitu pencatatan transaksi, rekonsiliasi bank, penyiapan jurnal penyesuaian, penyusunan laporan keuangan, dan audit internal.”

5. Software apa yang biasa kamu gunakan untuk melakukan proses akuntansi?

Pertanyaan ini sudah mulai masuk ke ranah yang lebih teknis. Perekrut tentu saja ingin mengetahui seberapa familier kamu dengan pekerjaan ini.

Jawaban: “Saya biasa menggunakan software akuntansi yaitu Microsoft Excel. Terutama ketika membuat fungsi VLOOKUP dan tabel pivot. Selain itu, saat ini saya juga sedang menjalani kursus untuk mempelajari software akuntansi lainnya, salah satunya adalah SAP.”

6. Jelaskan strategi kamu ketika dihadapkan pada pekerjaan dengan deadline yang ketat!

Perekrut ingin mengetahui apakah kamu bisa bekerja di bawah tekanan. Usahakan menggunakan pengalaman kamu sebagai contoh kasus untuk menjawab pertanyaan ini.

Jawaban: “Dalam pengalaman saya sebagai akuntan, saya pernah mendapatkan tugas untuk merencanakan target KPI kuartal depan. Di waktu yang sama, saya juga ditugaskan untuk membuat laporan keuangan. Demi waktu yang lebih efektif, saya mencoba untuk mencoba fitur otomatisasi pelaporan keuangan di software yang saya pakai. Setelah itu berhasil, pekerjaan saya menjadi lebih mudah.”

Baca juga: 13 Contoh Pertanyaan Interview Admin dan Jawabannya

7. Bagaimana kamu menangani kesalahan saat bekerja?

Contoh pertanyaan interview staff accounting selanjutnya adalah perihal kesalahan dalam bekerja. Di sini tidak masalah jika kamu menjelaskan bahwa kamu juga pernah melakukan kesalahan. Namun, alangkah baiknya bila kesalahan itu bisa kamu jadikan sebagai pelajaran berharga agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Jawaban: “Saya pernah melakukan kesalahan dalam penghitungan pajak. Saya segera mengakui kesalahan itu pada atasan saya, lalu menganalisis data dan menemukan bahwa ada data yang terlewat. Saya memperbaiki data tersebut dan memperbarui laporan keuangan. Setelah itu, saya membuat catatan lebih rinci dan memverifikasi data lebih hati-hati pada bulan-bulan berikutnya untuk mencegah kesalahan serupa terjadi lagi.”

8. Berikan satu contoh ketika kamu berhasil membantu dalam sebuah tim!

Tips menjawab pertanyaan ini adalah pertama pilih pengalaman dimana kamu memiliki kontribusi aktif dalam sebuah tim. Lalu jelaskan peranmu di sana dan tunjukkan apa keberhasilanmu secara rinci.

Jawaban: “Saat bekerja di perusahaan sebelumnya, saya terlibat dalam sebuah tim untuk mengimplementasikan sistem manajemen inventaris baru. Tim terdiri dari anggota dari berbagai departemen yang harus bekerja sama untuk memastikan implementasi yang sukses.

Peran saya dalam tim termasuk mengkoordinasikan komunikasi antar departemen, mengumpulkan data inventaris, dan menyusun jadwal pelatihan untuk staf. Saya juga aktif dalam memfasilitasi pertemuan tim dan memastikan bahwa setiap anggota tim memahami peran mereka dan tenggat waktu yang harus dicapai.

Hasil dari kerja sama tim ini sangat memuaskan. Kami berhasil mengimplementasikan sistem baru tepat waktu dan tanpa gangguan berarti. Sistem ini meningkatkan efisiensi operasional dan akurasi inventaris perusahaan secara signifikan.”

9. Jelaskan kelebihan dan kekurangan kamu!

Ini adalah salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh perekrut kepada kandidatnya. Di sini, kamu hanya perlu menjelaskan keunggulan kamu dibandingkan dengan orang lain dan kelemahan kamu. Jelaskan bahwa kamu akan terus belajar untuk memperbaiki kekurangan tersebut.

Jawaban: “Kelebihan saya adalah memiliki sifat berorientasi pada proses. Maka dari itu, saya selalu memperhatikan semua detail proses yang saya kerjakan demi mendapatkan hasil yang memuaskan. Kekurangan saya adalah belum menguasai semua software yang dipakai untuk bekerja sebagai akuntan. Meski begitu, saya terus mempelajari software-software terbaru dengan mengikuti kursus demi kursus.”

10. Bagaimana cara kamu agar kamu tetap bisa menjaga akurasi dalam pembukuan perusahaan?

Pertanyaan ini perlu kamu jawab sesuai dengan pengalaman kamu. Di sini, perekrut ingin mengetahui seberapa kamu teliti dalam menangani sebuah pekerjaan.

Jawaban: “Saya selalu memperhatikan setiap detail langkah yang saya lakukan. Termasuk mengidentifikasi aliran pendapatan, memperhatikan faktur dan kwitansi, menyiapkan laporan keuangan, dan mengawasi pengeluaran secara hati-hati. Dengan begitu, saya akan bisa tetap menjaga akurasi dalam pembukuan perusahaan.”

Baca juga: 17 Pertanyaan Menjebak Saat Wawancara Kerja & Tips Menjawabnya

11. Jelaskan mengapa kami harus memilih kamu?

Terakhir, contoh pertanyaan interview staff akuntansi yang perlu kamu jawab adalah perihal keunggulan kamu dibandingkan dengan kandidat yang lain. Meski begitu, pastikan jawabanmu tidak terdengar seperti sombong. Gunakan bahasa yang baik dan bisa diterima oleh perekrut.

Jawaban: “Saya sudah berpengalaman bekerja sebagai seorang staf akuntan selama 3 tahun. Dari sana, saya memiliki banyak sekali pengalaman dan kemampuan yang bisa saya tuangkan di sini. Mulai dari kemampuan teknis maupun non teknis. Saya juga terbiasa bekerja sama dengan tim sehingga itu bisa menambah nilai dari saya agar terpilih untuk mengisi posisi staf akuntan di perusahaan Anda.”

Demikian berbagai contoh pertanyaan interview staff accounting dan jawabannya yang dapat kamu pelajari. Nah, sekarang tentu kamu sudah mulai percaya diri dan lebih siap untuk mengikuti proses rekrutmen, bukan?

Meski begitu, jangan hanya berhenti untuk mencari informasi di sini saja. Gunakan waktumu semaksimal mungkin untuk belajar banyak hal tentang dunia kerja. Caranya adalah dengan membaca artikel di blog KitaLulus.

Kamu juga dapat menemukan beragam informasi lowongan kerja dari berbagai bidang dan perusahaan ternama di Indonesia dengan mudah hanya melalui aplikasi KitaLulus. Yuk unduh aplikasinya sekarang juga, gratis!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top