12 Pertanyaan Interview Waiter yang Sering Muncul dan Jawabannya

Muhammad Farih Fanani
Berpengalaman menulis artikel populer dan SEO di berbagai media online.
pertanyaan interview waiter
12 Pertanyaan Interview Waiter yang Sering Muncul dan Jawabannya

Sebagai pelamar kerja posisi waiter dan waitress, entah itu di restoran, cafe, maupun hotel, sangat penting bagi kamu mempelajari contoh-contoh pertanyaan interview waiter yang umum ditanyakan. Dengan begini, kamu akan memiliki gambaran dan bisa menyiapkan jawaban terbaik sehingga proses wawancara berjalan lancar.

Jika jawabanmu memuaskan, maka perekrut pun tak akan segan untuk menerima lamaranmu. Sudah tak sabar? Tanpa basa-basi lagi, yuk langsung saja simak berbagai contoh pertanyaan interview waiter dan jawabannya di bawah ini!

1. Apakah kamu punya pengalaman seputar pelayanan pelanggan?

interview waiter

Pertanyaan interview biasanya akan dimulai seputar pengalaman kamu bekerja. Saat menjawab, sebaiknya berikan jawaban yang belum kamu cantumkan di CV.

Jawaban: “Seperti yang tertera dalam CV, saya mempunyai pengalaman kerja di bidang customer service. Tugas utama saya adalah merespons panggilan seperti pertanyaan dan keluhan yang datang dari pelanggan. Sesekali saya juga melakukan up selling pada pelanggan. Dari pengalaman tersebut melatih saya untuk berkomunikasi dengan baik dan sopan pada siapapun.”

2. Apa alasan kamu menjadi seorang waiter?

Pertanyaan ini membutuhkan jawaban yang lebih spesifik, mengapa kamu memilih posisi waiter, dan apa yang membuat kamu suka dengan posisi tersebut. Berikan jawaban dengan jujur dan realistis.

Jawaban: “Sejak dulu, saya suka dengan industri kuliner serta pelayanan. Saya yakin jika menjadi seorang waiter akan membuat saya lebih berkembang terutama dalam bidang komunikasi dan pelayanan. Selain itu, saya juga senang jika bertemu dengan pelanggan dengan berbagai latar belakang.”

3. Strategi dan pola pikir seperti apa yang diperlukan dalam pekerjaan ini?

Perekrut biasanya juga akan menanyakan perihal strategi dan pola pikir kandidat saat bekerja sebagai waiter. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kamu memahami dan menghargai peran kamu sebagai waiter dan waitress. 

Jawaban: “Menurut saya, pola pikir yang harus dimiliki seorang waiter adalah mengutamakan pelanggan. Kita harus memastikan bahwa setiap pelanggan mendapatkan pelayanan terbaik dan merasa dihargai.”

4. Bagaimana strategi kamu agar tetap termotivasi untuk bekerja?

Dalam konteks pekerjaan ini, perekrut menanyakan tentang cara kamu agar tetap bisa memotivasi diri dalam pekerjaan. Kamu hanya perlu menjawab apa bagian yang kamu sukai dari pekerjaan tersebut.

Jawaban: “Saya sangat senang belajar hal-hal baru. Di tempat ini, saya bisa belajar dan meningkatkan kemampuan saya. Itu adalah kesenangan tersendiri bagi saya. Terutama ketika saya bisa melihat orang lain tersenyum karena pelayanan yang saya berikan.”

Baca juga: 12 Contoh Pertanyaan Interview Sales dan Jawabannya

5. Apa alasan kamu memilih bekerja di sini?

Agar bisa menjawab pertanyaan ini dengan baik, kamu sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu mengenai tempat yang kamu lamar. Sebab, pada dasarnya perekrut ingin mengetes sejauh mana kamu tahu tentang perusahaan mereka.

Jawaban: “Sejak dulu saya sangat suka dengan bisnis kuliner, dan restoran ini adalah salah satu tempat yang saya idolakan sejak lama. Saya melihat banyak respon positif di media sosial mengenai restoran ini, terutama dari segi pelayanan yang diberikan. Dengan bekerja di tempat ini, saya yakin bisa mendapatkan banyak sekali pelajaran berharga.”

6. Sebagai waiter, apa yang membuat kamu suka dan tidak suka dengan pekerjaan ini?

Pertanyaan satu ini bisa dibilang cukup menjebak, maka dari itu kamu harus menjawabnya dengan hati-hati. Berikut contohnya:

Jawaban: “Saya menikmati pekerjaan sebagai waiter karena saya suka berinteraksi dengan orang baru. Saya juga menikmati dinamika dan ritme cepat dari pekerjaan ini, yang membuat saya tetap aktif dan terlibat. Namun, ada beberapa tantangan, seperti tekanan saat restoran sangat sibuk dan menghadapi pelanggan yang sulit. Meskipun demikian, saya melihat ini sebagai kesempatan untuk mengembangkan keterampilan manajemen waktu dan komunikasi saya. Saya selalu berusaha tetap tenang di bawah tekanan dan mencari solusi yang memuaskan untuk pelanggan.”

7. Apa strategi kamu dalam menjaga keseimbangan antara cepat dan tepat ketika memberikan pelayanan ke pelanggan?

pertanyaan interview waiter yang sering muncul

Ketika ditanya perihal kecepatan dan ketepatan saat bekerja, kamu perlu menjelaskan bagaimana kamu bisa tetap memberikan pelayanan dengan baik meskipun dituntut untuk cepat.

Jawaban: “Untuk menjaga keseimbangan antara keduanya, saya menerapkan beberapa strategi. Misalnya, saat restoran sedang sangat sibuk, saya tetap berfokus pada efisiensi tanpa mengorbankan kualitas layanan. Saya mengatur langkah-langkah saya dengan bijak, seperti mengambil pesanan dari beberapa meja dalam satu perjalanan dan memastikan komunikasi yang lancar dengan dapur untuk menghindari kesalahan. Dengan cara ini, saya bisa menjaga keseimbangan antara cepat dan tepat dalam pelayanan saya.”

8. Jika restoran sedang menerima banyak pesanan sekaligus, bagaimana cara agar kamu bisa tetap teratur?

Pertanyaan ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Di sini perekrut ingin mengetahui bagaimana tindakan kamu ketika berada pada situasi tersebut. Berikut cara menjawabanya.

Jawaban: “Saya memiliki kemampuan untuk mengelola pesanan dengan jumlah banyak sekaligus. Saya akan tetap tenang dan menulis secara spesifik semua pesanan pelanggan. Tidak hanya itu, demi mempersingkat waktu, biasanya saya akan menulisnya dalam sebuah kode yang bisa saya mengerti.”

Baca juga: Job Desk & Tugas Waiter Beserta Template Lengkap

9. Apa yang akan kamu lakukan ketika dihadapkan pada situasi pelanggan yang mengeluh dan marah karena tidak puas dengan pelayanan restoran?

Saat bekerja, berbagai situasi sangat mungkin terjadi, misalnya pelanggan mengeluh atau marah karena tidak puas dengan pelayanan restoran. Jika hal ini terjadi, maka kamu harus tunjukkan sikap tetap tenang dan mengontrol emosi.

Jawaban: “Ketika saya dihadapkan pada situasi pelanggan marah dan tidak puas karena pelayanan restoran, saya akan tetap tenang dengan cara mengesampingkan emosi pribadi. Setelahnya, saya akan mencoba memecahkan masalah pelanggan dengan prosedur yang telah ditentukan.”

10. Bagaimana cara kamu menghadapi kritik atau feedback negatif dari pelanggan?

Terakhir, pertanyaan interview waiter yang sering muncul yaitu berkaitan dengan bagaimana cara kamu menghadapi kritik negatif dari pelanggan. Di sini kamu harus menjawab dengan jawaban yang profesional dan memperlihatkan bahwa kamu adalah orang yang terbuka dengan kritik serta senang belajar.

Jawaban: “Saya akan memandang kritik serta feedback negatif sebagai cara untuk mengembangkan diri. Saya akan terus belajar dari apa yang sudah disampaikan kepada saya, meskipun itu berupa kritikan yang negatif. Saya juga selalu bersedia untuk meminta maaf dan akan memperbaiki kekurangan.”

11. Bagaimana cara kamu menjaga kebersihan restoran dan kebersihan pribadi selama bekerja?

Pertanyaan interview waiter selanjutnya adalah seputar kemampuan dalam menjaga kebersihan. Kamu bisa menjawab seperti di bawah ini.

Jawaban: “Saya sangat menjaga kebersihan diri sendiri dengan memastikan selalu mencuci tangan saat selesai mengerjakan sesuatu. Selain itu, saya akan langsung membersihkan sesuatu yang kotor di depan mata saya tanpa harus menundanya.”

12. Kenapa kami harus memilih kamu untuk menjadi tim kami?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu perlu menceritakan kelebihan kamu dibanding pelamar lain. Misalnya kamu memiliki pengalaman yang relevan, bisa memberikan kontribusi pada perusahaan, dan lain sebagainya.

Jawaban: “Saya berpengalaman di bidang customer service sebuah perusahaan besar, sehingga bisa berkontribusi besar dalam memberikan informasi baru kepada waiter/waitress lain. Selain itu, saya juga memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik, sehingga saya bisa dipercaya untuk memimpin tim ini jika memang diperlukan.”

Baca juga: 30 Pertanyaan Interview Kerja dan Contoh Jawabannya

Itulah berbagai pertanyaan interview waiter dan jawabannya yang bisa kamu pelajari sebelum wawancara.

Selain wawancara, biasanya kamu juga akan dihadapkan pada tes psikotes kerja untuk mengetahui karakter dan potensi diri kamu. Oleh karena itu, kamu bisa mulai berlatih soal-soal psikotes.

Tenang saja, kamu bisa latihan mengerjakan tes psikotes lewat handphone di KitaLulus secara gratis. Dengan hasil yang realtime, kamu jadi tahu letak kesalahanmu dan belajar lebih giat lagi. Yuk coba sekarang!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top