Cara Membuat Working Holiday Visa (WHV) Australia Terbaru

Muhammad Farih Fanani
Berpengalaman menulis artikel populer dan SEO di berbagai media online.
whv australia
Cara Membuat Working Holiday Visa (WHV) Australia Terbaru

Pernahkah kamu bermimpi untuk menjelajahi keindahan Australia sambil bekerja untuk mendukung biaya hidupmu selama di sana? Dengan Working Holiday Visa Australia, impianmu itu bisa menjadi kenyataan, lho!

Yup, Working Holiday Visa untuk orang Indonesia sudah ada sejak lama hingga sekarang. Visa ini menawarkan kesempatan unik bagi kaum muda untuk merasakan kehidupan di Negeri Kanguru sambil mengumpulkan pengalaman kerja internasional yang berharga.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan visa tersebut? Berikut telah KitaLulus rangkum informasinya mulai dari syarat, cara apply, hingga biaya yang harus dikeluarkan.

Apa Itu Working Holiday Visa Australia?

australia

Working Holiday Visa Australia atau biasa disingkat WHV adalah jenis visa yang memungkinkan seseorang untuk bisa bekerja sekaligus berlibur di Australia dalam jangka waktu tertentu.

Visa ini ditujukan khusus untuk individu muda yang baru lulus kuliah atau sedang kuliah minimal 2 tahun. Bagi kamu ingin mengisi waktu libur kuliah dengan mendapatkan pengalaman bekerja di luar negeri, bisa sekali apply visa ini.

Jenis-jenis Working Holiday Visa Australia

Terdapat dua jenis WHV Australia, yaitu visa subclass 417 dan subclass 462. Working Holiday Visa untuk orang Indonesia adalah subclass 462. Sebenarnya kedua subclass ini sama, yang membedakan hanya negara asal pemohon dan adanya syarat tambahan seperti sertifikat pendidikan dan bukti keahlian berbahasa Inggris.

1. Subclass 417 (Working Holiday Visa)

Pemegang visa subclass 417 dapat tinggal dan bekerja di Australia hingga 12 bulan tanpa memerlukan sertifikat pendidikan dan bukti keahlian berbahasa Inggris.

Subclass ini hanya diberikan kepada 19 negara yang meliputi Kanada, Belgium, Republik Siprus, Denmark, Estonia, Finlandia, Perancis, Jerman, Hongkong, Republik Irlandia, Italia, Jepang, Republik Korea, Malta, Belanda, Norway, Swedia, Taiwan, dan Britania Raya.

2. Subclass 462 (Work and Holiday Visa)

Sedangkan subclass 462 memiliki persyaratan tambahan seperti persyaratan pendidikan dan bukti keahlian berbahasa Inggris.

Beberapa negara yang bisa mengajukan visa subclass 462 adalah Cile, Malaysia, Thailand, Turki, Amerika Serikat, Argentina, Austria, China, Republik Ceko, Ekuador, Yunani, Hungaria, Indonesia, Israel, Luksemburg, Peru, Polandia, Portugal, San Marino, Singapura, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Uruguay, Vietnam, Brazil, Mongolia, Papua Nugini, dan Swiss.

Baca juga: Cara Kerja di Australia, Ini Syarat yang Harus Kamu Penuhi

Syarat Working Holiday Visa Australia

Jika kamu berminat untuk mengajukan WHV Australia, maka kamu wajib memenuhi beberapa persyaratan berikut:

  1. Berusia 18-30 tahun
  2. Mempunyai paspor dengan masa berlaku minimal 1 tahun
  3. Datang sendiri atau tidak ditemani anak tanggungan
  4. Telah lulus kuliah atau sedang kuliah minimal 2 tahun
  5. Mampu berbahasa Inggris minimal tingkat fungsional
  6. Memiliki dana minimal 5.000 AUD atau sekitar Rp53 juta untuk mencukupi kebutuhan hidup selama di Australia

Dokumen Working Holiday Visa untuk Orang Indonesia

Khusus WNI, berikut adalah dokumen-dokumen yang harus disiapkan untuk mengajukan visa working holiday dilansir dari laman Kedutaan Besar Australia Indonesia.

  1. Formulir online yang telah terisi lengkap
  2. Biaya aplikasi visa
  3. Kartu Keluarga (KK)
  4. Fotokopi paspor yang masih berlaku minimal 12 bulan dan paspor lama (jika ada)
  5. 1 lembar pasfoto terbaru ukuran foto paspor
  6. Sertifikat bahasa Inggris
  7. Bukti sudah menyelesaikan pendidikan setidaknya 2 tahun dari perguruan tinggi
  8. Surat rekomendasi dari Dirjen Imigrasi
  9. Bukti keuangan yang cukup untuk membiayai hidup minimal AUD $5000 (rekening koran yang sudah dilegalisir)
  10. Melakukan medical test dan tes rontgen di salah satu panel radiologist.

Kamu bisa lihat ketentuan persyaratan secara lebih detail dengan mengakses link berikut:

Detail persyaratan

Working Holiday Visa Australia Berapa Lama?

Masa berlaku WHV Australia adalah 12 bulan. Namun, kamu memiliki kesempatan untuk memperpanjang masa tinggal hingga dua atau tiga tahun dengan syarat tertentu, seperti bekerja di area regional Australia untuk durasi yang ditentukan.

Baca juga: Mau Kerja di Singapura? Ini Dia Keuntungan, Cara, Syarat dan Loker yang Paling Dicari

Biaya Working Holiday Visa Australia

Biaya untuk mengajukan Working Holiday Visa Australia dapat bervariasi. Untuk tahun 2024, biaya aplikasi visa subclass 417 dan 462 adalah AUD $650 atau sekitar Rp6,9 juta. Kamu bisa mengecek secara berkala biayanya di sini.

Selain biaya aplikasi, kamu juga perlu mempertimbangkan biaya lain seperti tiket pesawat, asuransi kesehatan, dan biaya hidup selama di Australia.

Cara Apply Working Holiday Visa Australia

Cara Apply Working Holiday Visa Australia

Setelah mengetahui apa itu working holiday visa Australia dan seluk beluknya, maka untuk kamu yang benar-benar ingin mendapatkan visa ini, simak cara apply-nya berikut.

1. Cara Mendapatkan Surat Rekomendasi untuk WHV Australia

  • Buka website https://whv.imigrasi.go.id/.
  • Pilih tanggal untuk melakukan validasi. Biasanya mulai 1 Agustus sampai 16 Desember. Pastikan kamu melakukan pengajuan minimal 3 hari sebelum validasi.
  • Isi formulir yang tersedia. Pengisian harus berdasar pada paspor dan dokumen pendukung lainnya. Selain itu, upload juga dokumen pendukung.
  • Verifikasi akan dilakukan oleh pihak imigrasi.
  • Setelah diverifikasi imigrasi akan menghubungi melalui email berisi status persetujuan. Proses verifikasi membutuhkan waktu maksimal 4 hari kerja.
  • Jika disetujui kamu bisa langsung mengunduh surat rekomendasinya secara online. Pemberitahuan diterima atau tidak biasanya 1 hari setelah tanggal validasi atau wawancara.

2. Cara Mengajukan WHV Australia

  • Mendaftar secara online di laman https://online.immi.gov.au dengan email aktif. Jika sudah terdaftar segera login.
  • Mengisi formulir online. Unggah semua dokumen yang diminta. Ikuti alurnya sampai selesai.
  • Membayar biaya pembuatan Working Holiday Visa Australia. Pembayaran bisa dilakukan melalui PayPal atau credit card.
  • Cek notifikasi di email yang terdaftar.
  • WHV Australia biasanya akan terbit setelah 46-86 hari setelah pengajuan. Cek email secara berkala untuk mengetahui status visa WHV kamu.

Demikian penjelasan lengkap tentang visa working holiday Australia yang perlu kamu ketahui. Bagaimana, apakah kamu tertarik mencari pengalaman liburan sambil bekerja di negara Kanguru ini?

Jika kamu belum ada budget untuk liburan ke luar negeri, tak apa, kamu masih bisa liburan di dalam negeri sambil mencari kerja yang kamu mau. Misalnya, kamu bisa cari pekerjaan freelance atau remote. Tidak perlu bingung mencari info loker yang terpercaya, kamu dapat menggunakan aplikasi KitaLulus.

Tersedia ribuan lowongan kerja yang bisa kamu lamar secara gratis. Fiturnya lengkap, salah satunya fitur buat CV online. Tunggu apalagi? Yuk coba sekarang!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top