Template CV Admin

Gunakan template CV staff admin berikut untuk menarik perhatian HRD. Pahami juga cara membuat CV yang baik agar lolos ke tahap interview kerja.

CV Builder

Membuat CV online yang menonjol dan berkualitas jadi lebih mudah dengan fitur CV builder KitaLulus. Kamu tinggal lengkapi data diri, pengalaman, dan keahlian, pilih template CV yang kamu mau, lalu CV sudah siap digunakan untuk melamar kerja. Semuanya gratis!

  • Buat CV otomatis dari profil KitaLulus
  • Pilihan template ATS-friendly & sesuai standar HRD
  • Dapat di-download versi PDF

Staff admin menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diincar oleh fresh graduate. Ini dikarenakan umumnya perusahaan tidak menetapkan latar belakang akademik khusus bagi pelamarnya. Oleh karena itu, agar lolos di antara persaingan yang ketat, kamu harus siapkan contoh CV admin yang menarik.

Ingin tahu bagaimana cara membuat CV untuk melamar posisi sebagai admin? Cek penjelasannya di bawah ini, ya!

Cara Membuat CV Admin

Unsur-unsur yang perlu dicantumkan dalam CV admin umumnya sama seperti CV untuk melamar kerja lainnya, seperti mencakup data diri, tentang saya, riwayat pendidikan, pengalaman kerja atau organisasi, dan keterampilan.

Lebih jelasnya, simak pembahasan berikut.

1. Data Diri

Cara membuat CV admin yang pertama adalah mencantumkan data diri. Hal tersebut terdiri dari:

  • Nama lengkap
  • Alamat email
  • Domisili
  • Nomor kontak aktif
  • Link portofolio (jika ada)

Data ini sangat penting bagi HRD ketika mereka ingin menghubungi kamu terkait informasi proses rekrutmen.

Kemudian terkait email, perlu dicatat bahwa dalam hal ini kamu sebaiknya menggunakan alamat email yang memang dikhususkan untuk urusan profesional. Kamu bisa menggunakan nama lengkapmu. Hindari mencantumkan alamat email yang tidak formal, misalnya [email protected].

2. Tentang Saya

Selanjutnya, kamu perlu membuat ringkasan diri dalam CV. Bagian ini biasanya akan menjadi salah satu poin yang dipertimbangkan oleh perekrut saat ingin mengenal lebih jauh kandidatnya.

Cantumkan skill apa yang menonjol dari kamu sehingga bisa menjadi nilai jual kepada perekrut. Meski demikian, kamu perlu memastikan bahwa ringkasan diri ditulis dengan singkat, padat, dan jelas.

Contoh:

Lulusan S1 Akuntansi dari Universitas Diponegoro. Memiliki kemampuan berpikir kritis, auditing, dan mengoperasikan komputer. Berpengalaman dalam mengurus dokumen selama bergabung dalam organisasi kampus dan internship. Sedang mencari pekerjaan yang berhubungan dengan administrasi di perusahaan untuk mengaplikasikan kemampuan yang telah dikembangkan selama kuliah.

3. Pengalaman Kerja

Selain ringkasan diri, pengalaman kerja di tempat sebelumnya adalah aspek yang juga akan dinilai oleh perekrut. Pekerjaan sebagai staff administrasi adalah sektor yang sangat vital. Maka dari itu, perusahaan umumnya akan mencari seseorang yang berpengalaman.

Tuliskan tanggung jawabmu secara rinci dalam bentuk poin-poin, dilengkapi dengan hasil pencapaiannya. Lalu, urutkan dari posisi pekerjaan terakhir. Pastikan menuliskan pengalaman yang berkaitan dengan pekerjaan sebagai admin, ya.

Contoh:

Staf Administrasi, PT. Maju Terus, Jakarta (2016 – Sekarang)

  • Membantu tugas administrasi harian, termasuk pengarsipan, pengelolaan dokumen, dan penyiapan laporan.
  • Menyediakan dukungan administratif kepada tim dan manajemen, termasuk penjadwalan pertemuan dan mengatur agenda.

Jika belum memiliki pengalaman bekerja, kamu bisa mencantumkan pengalaman saat bergabung di organisasi maupun kepanitiaan.

4. Riwayat Pendidikan

Bagian berikutnya yang wajib dicantumkan dalam CV admin yaitu riwayat pendidikan. Tapi, kamu tidak perlu menuliskan riwayat pendidikan mulai dari sekolah dasar, melainkan cukup pendidikan terakhir saja.

Tambahkan juga tahun masuk, tahun keluar dan jurusan yang kamu ambil ketika menempuh pendidikan.

5. Skill/Kemampuan

Contoh CV yang baik adalah CV yang mencantumkan skill atau kemampuan sesuai dengan posisi yang dilamar. Untuk posisi admin, kamu bisa menuliskan skill sebagai berikut:

  • Mampu mengoperasikan Ms. Office
  • Pembukuan 
  • Kerjasama tim
  • Customer service
  • Komunikasi
  • Manajemen waktu

Jika kamu menguasai lebih dari satu bahasa, kamu juga bisa menambahkannya dalam CV.

Contoh CV Admin

Contoh CV berikut bisa kamu jadikan referensi jika kamu ingin melamar pekerjaan sebagai staff administrasi.

1. Contoh CV Staff Admin Perkantoran

Contoh CV Staff Admin Perkantoran

2. Contoh CV Admin Online Shop

Contoh CV Admin Online Shop
To top